Dampak Negatif Perekonomian Pasca Pandemi Melanda Indonesia

Dampak Negatif Perekonomian Pasca Pandemi Melanda Indonesia

Tidak hanya di Indonesia, berbagai belahan dunia saat ini sedang dilanda virus corona. Tentu saja adanya pandemi tersebut menyebabkan beberapa dampak yang merugikan terutama dalam bidang perekonomian. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang mengalami dampak negatif perekonomian pasca pandemi.

Dampak Negatif Perekonomian Pasca Pandemi

Dampak Negatif Perekonomian Pasca Pandemi Melanda Indonesia

Sebenarnya, pemerintah juga sudah memberikan upaya semaksimal mungkin untuk mengatasi pandemi. Mulai dari menganjurkan vaksin, melakukan lock down, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, tetap saja adanya pandemi memberikan dampak negatif terutama di bidang perekonomian. Berikut beberapa dampak negatif tersebut yang perlu Anda ketahui lebih lanjut:

  • Pariwisata yang Terganggu

Virus Corona yang melanda berbagai belahan dunia termasuk Indonesia telah mengancam perekonomian yang berasal dari industri pariwisata. Tidak heran jika semakin berkurang turis yang berkunjung ke negara ini. Hal tersebut tentu memberikan dampak negatif tersendiri. Mengingat Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alamnya.

Selain itu, secara otomatis industri penerbangan juga terganggu bahkan berpotensi mengalami kerugian. Hal tersebut tidak lain karena sepinya bidang pariwisata terutama dari turis yang datang ke Indonesia.

  • Pariwisata di Bali Sangat Rentan

Saat ini keberadaan virus Corona memang memberikan dampak buruk yang begitu terasa. Contohnya seperti Bali yang sudah menjadi tempat yang perlu diwaspadai dan dijaga lebih lanjut mengenai penularan virus tersebut. Hal ini tidak lain karena ada banyak wisatawan yang bercampur baru. Mulai dari dalam negeri maupun luar negeri yang berasal dari berbagai negara.

Tidak hanya itu saja, penerbangan internasional yang ada di Bali juga terbilang cukup banyak. Tidak heran jika wilayah tersebut cukup dikhawatirkan lebih mudah untuk menularkan virus sehingga perlu diwaspadai saat ingin berkunjung ke Bali.

  • Dana asing menjadi kabur

Tidak banyak yang mengetahui bahwa adanya virus Corona yang melanda Indonesia sudah membuat Indonesia berkurang banyak dana asingnya. Bank Indonesia sendiri sudah mencatat bahwa modal asing yang sempat masuk ke Indonesia sampai saat ini mengalami penurunan secara signifikan.

Hal tersebut tidak lain karena adanya kondisi geopolitik global serta keberadaan virus corona itu sendiri yang sampai saat ini sudah menjadi wabah meluas. Tidak heran jika terjadi penurunan terhadap harga saham.

  • Pembatasan maskapai penerbangan

Maskapai Indonesia sendiri saat ini tidak akan melakukan penerbangan e beberapa daerah asal virus. Hal tersebut dilakukan demi mengantisipasi masuknya virus lewat jalur penerbangan. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kemenhub atau Kementerian Perhubungan. Contohnya saja ke Wuhan, China atau beberapa negara lainnya.

Setidaknya terdapat dua maskapai yang memang mempunyai rute penerbangan ke daerah tersebut. Tidak lain yakni Lion Air dan Sriwijaya Air. Larangan tersebut memang sudah seharusnya dilakukan.

  • BPJS Kesehatan perlu waspada

Adanya lonjakan virus Corona membuat BPJS Kesehatan juga perlu mengantisipasi lonjakan pasien. Tentu saja, lonjakan pasien yang terjadi tersebut juga akan memicu lonjakan klaim dari peserta BPJS kesehatan. Tidak heran jika Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ini sendiri perlu mengantisipasi dan juga waspada.

Itulah beberapa dampak negatif perekonomian pasca pandemi yang terjadi di Indonesia. Meski begitu, diharapkan adanya pandemi ini segera berakhir agar nantinya perekonomian negara dapat kembali berkembang menuju lebih baik. Dalam hal ini tentu saja diperlukan kerjasama yang baik dari pemerintah dan juga masyarakat. Agar terus mentaati protokol kesehatan saat pandemi masih terjadi dalam sebuah negara.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *